Kematian adalah misteri kehidupan dan menjadi satu perkara yang dalam syariat Islam pekerjaan yang harus dilaksanakan dengan segera, tetapi masih kita temukan keluarga miskin yang kesulitan dalam pengiriman dan pengurusan jenazah kelurganya karena kesulitan biaya.

Kurang Biaya + Akses yang Sulit

Demi mendekatkan keluarga, keluarga yang tengah ditinggalkan menginginkan orang meninggal yang menjadi bagian dari keluarga mereka untuk dimakamkan di kampung halamannya. Inilah yang menjadi dilematika bagi keluarga yang ditinggalkan.

Mungkin beberapa keluarga masih bisa membiayai dengan patungan atau dengan uang sendiri, namun bagaimana medengan mereka yang kekurangan? Haruskah mereka menggunakan kendaraan seadanya atau kendaraan umum demi mengantar keluarga tercintanya kembali pulang?

“Biaya ambulans ternyata sampai lebih dari Rp 4 juta, sedangkan ia orang tak mampu, ditambah lagi dengan biaya beban ambulans. Alhamdulillah mereka juga tahu ada akses meminta layanan kita, dan kita datangi dan kita gratiskan sampai ke kampung halaman,” jelas Ustaz Madroi, Manajer Program Barzah Dompet Dhuafa, saat bertugas mengantar jenazah dhuafa.

Antar Jenazah Gratis untuk Dhuafa

Berawal dari tahun 2012, Dompet Dhuafa berinisiasi untuk membuat Layanan Barzah (Badan Pemulasaran Jenazah) yang ditujukan untuk dhuafa. Layanan sosial ini memiliki 4 program besar yaitu:

Layanan Antar Jemput Jenazah,

Quick Respon,

Pelatihan Pengurusan Jenazah,

Santunan Paket Kain Kafan.

Tak hanya dhuafa saja, orang yang mampu bahkan sampai non-muslim pun Layanan Barzah Dompet Dhufa bersedia untuk menggerakan armada sosial ini sebagai rasa tanggung jawab amanah dari para donatur.

“Mengelola Barzah ini bersama tim, itu sebetulnya menikmati betul betapa indahnya pekerjaan ini. Kita menolong orang yang sedang berduka yang luar biasa kematian itu bukan main-main, kita datang dengan memberikan apa yang dibutuhkan untuk mereka,” ujar Ustadz Madroi.

Dengan asumsi perdonasi Rp. 100.000, setidaknya butuh 2.500 orang baik untuk bergabung dalam gerakan ini Yuk satukan niat untuk membantu mereka yang tengah ditinggalkan dengan penyediaan mobil jenazah untuk dhuafa dengan cara:

Klik tombol DONASI SEKARANG

Sahabat Kemanusiaan juga bisa membantu dengan membagikan link laman Kemanusiaan ini kepada orang terdekat sehingga ambulance gratis untuk dhuafa segera terwujud. Terima kasih

    Belum ada update baru

15 May 2021

Anonim
Rp 100.379

11 May 2021

Anonim
Rp 100.033

31 Jan 2021

Hamba Allah
Rp 200.491

Hubungi Kami

Office : Jl. HOS Cokroaminoto 146 Kav. 1 Tegalrejo Yogyakarta. Phone : 0274-5305450