Hai.. Nama Saya Adit, Saya adalah driver Ambulance Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Yogyakarta. Saya menjalani profesi ini, sejak 2011. Cukup lama ya? Tapi tidak selama usia kendaraan yang saya kemudikan, hampir 15 tahun unit ambulance yang saya kemudikan melayani masyarakat dhuafa dan aksi-aksi kemanusiaan di Jogja dan sekitarnya.

Ada puluhan pasien setiap bulannya yang saya dampingi dan mereka harus berobat / cek Kesehatan secara rutin, baik di klinik LKC Dompet Dhuafa atau ke Rumah Sakit Dr. Sardjito yang merupakan RS rujukan propinsi. Pasien kanker, cuci darah, kelainan organ dari keluarga dhuafa yang merasakan manfaat dari ambulance itu. Tentu saja yang paling membuat saya tersentuh adalah Ketika mengantar pasien anak-anak. Dengan usia yang masih belia, mereka harus berjibaku melawan kondisi kesehatan yang sedang dideritanya.

Kadang, saat membawa pasien pun saya diberhentikan di jalan Ketika terjadi kecelakaan lalu lintas. Namun, amanah misi penyelamatan kemanusiaan yang saya terima, tentu saya memilih kondisi gawat darurat yang terjadi.

Akses fasilitas kesehatan yang belum merata di semua wilayah DI Yogyakarta melatarbelakangi kami membuat program rutin Pos Sehat dan Aksi Layanan Kesehatan Gratis di wilayah yang kesulitan akses fasilitas Kesehatan seperti pelosok Gunungkidul, Kulonprogo bahkan sampai ke wilayah provinsi lain di Jawa Tengah. Tentu saja lokasinya jauh dan dengan kondisi jalanan yang tidak sebagus di kota. Ada perasaan bahagia saat kedatangan kami sudah dinanti oleh warga desa yang ingin memeriksakan kondisi kesehatannya.

Tak hanya kuratif, aksi-aksi layanan Kesehatan yang kami lakukan juga ada yang bersifat promotive dan preventif. Seperti penyuluhan tentang kebiasaan cuci tangan, pencegahan stunting dan Gerakan Kebun Sehat Keluarga.

Saat bencana alam terjadi, ambulance kami pun bersiaga. Tercatat Aksi kemanusiaan dalam respon bencana yang telah dilakukan adalah Erupsi Gunung Merapi, Longsor Banjarnegara (Jawa Tengah), Banjir Purworejo, Banjir Bantul, bahkan ambulance kami sempat bertugas dalam aksi kemanusiaan merespon bencana Gempa di Lombok pada 2018 lalu.

Gelombang kasus Covid yang meninggi, kebutuhan ambulance meningkat. Dengan sangat berat hati kami menolak saat ada permintaan pengantaran pasien jenazah covid karena keterbatasan unit armada yang kami miliki. Pun dengan kondisi armada ambulance sekarang, sudah tidak lagi setangguh dulu. Usia kendaraan yang sudah tua, menjadi keterbatasan kami dalam melayani daerah-daerah dengan akses jalan yang rusak dan menanjak.

Jika unit armada ambulance yang kami miliki bisa kami perbarui, semestinya berbagai aksi layanan kesehatan dan kemanusiaan dapa kami lakukan bisa lebih banyak dan lebih optimal.

Sahabat, Kebaikan yang kami lakukan adalah berkat dari dukungan sahabat semuanya. Dan saya percaya, kebaikan yang kami lakukan mengundang sahabat untuk bisa memberikan kebaikan-kebaikan selanjutnya.

Saya, Adit mewakili Dompet Dhuafa Yogyakarta mengajak sahabat untuk bersama-sama wujudkan ambulance yang lebih baik dan lebih layak untuk melayani masyarakat dhuafa, donasikan bantuan sahabat melalui Dompet Dhuafa Yogyakarta dan Dompet Dhuafa USA.

Sahabat bisa berdonasi melalui Dompet Dhuafa Yogyakarta via transfer
BCA 8020158787 an. Yys Dompet Dhuafa Republika
Atau PayPal Dompet Dhuafa USA :
donation@dompetdhuafa-usa.org

Dukungan sahabat sangat berarti dalam mendukung aksi-aksi layana kesehatan dan kemanusiaan yang kami lakukan. Terima kasih.

    Belum ada update baru

15 May 2021

Anonim
Rp 100.379

11 May 2021

Anonim
Rp 100.033

31 Jan 2021

Hamba Allah
Rp 200.491

Hubungi Kami

Office : Jl. HOS Cokroaminoto 146 Kav. 1 Tegalrejo Yogyakarta. Phone : 0274-5305450