CEGAH STUNTING LKC DOMPET DHUAFA LAKUKAN PENYULUHAN

dompet dhuafa jogja

LKC Dompet Dhuafa Lakukan Penyuluhan 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk Cegah Stunting

Gungung Kidul – Dalam rangka mengurangi dan mencegah kenaikan angka stunting anak. Senin (13/6/2022), Layanan Kesehatan Dompet Dhuafa melakukan penyuluhan mengenai bagaimana mencegah stunting anak di 1000 hari pertama kehidupannya di  Desa Soka, Mertelu, Gedangsari, Gunung Kidul.

 

Pendampingan dan penyuluhan seperti ini sudah menjadi hal yang rutin dilakukan oleh tim Layanan Kesehatan Dompet Dhuafa Jogjakarta. Tidak hanya mendampingi, akan tetapi juga mensuport alat dan gizi yang diperlukan. 

Desa Soka merupakan salah satu desa termiskin yang ada di Jogjakarta. Desa ini termasuk  desa yang memiliki potensi, akan tetapi sulit berkembang karena sumber daya manusianya yang kurang memadai. Lima tahun berlalu sejak pertama LKC Dompet Dhuafa masuk mendampingi desa ini.

Selama proses pendampingan tersebut, telah banyak perubahan yang terjadi, salah satunya yang sangat terlihat adalah angka penurunan anak stunting yang awalnya berjumlah puluhan, saat ini turun pada angka 8. 

“Alhamdulillah, semenjak Dompet Dhuafa datang mendampingi dan memberikan bantuan fasilitas, kesehatan ibu dan balita di sini semakin baik. Stunting berkurang drastis, bahkan sekarang tinggal 8 anak yang sebelumnya berjumlah lebih dari 20.“ bu Nuryati kader Posyandu Desa Soka. 

Tak hanya itu, salah satu warga juga menyuarakan harapannya.

“Saya berharap Dompet Dhuafa akan terus mendampingi dan memberi pengetahuan seperti ini supaya kami orang tua semakin pintar untuk merawat anak dengan baik.” Ujar Ibu Widarti salah satu masyarakat yang memeriksakan anaknya di Posyandu Desa Soka.

Maka dari itu, mari terus bantu dan dukung program kesehatan Dompet Dhuafa Jogjakarta, agar dapat terus melanjutkan perannya untuk masyarakat. Serta dapat cetak lebih banyak kebermanfaatan dan peningkatan kesehatan serupa di desa desa pelosok lain yang membutuhkan. 

 

Dompet Dhuafa Jatim

Share ke temanmu

Baca Juga:

error: Content is protected !!

Hubungi Kami

Office : Jl. HOS Cokroaminoto 146 Kav. 1 Tegalrejo Yogyakarta. Phone : 0274-5305450