Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Ramadan, Simak Penjelasan Berikut Ini!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Ramadan

Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Ramadan, Simak Penjelasan Berikut Ini!

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Umat Islam di seluruh dunia menantikan datangnya bulan suci Ramadan ini di setiap tahunnya. Pasalnya, semua amalan yang dilakukan selama bulan ini akan dilipatgandakan. Banyak amal baik yang akan dilipat gandakan yang dapat dilakukan umat Muslim, seperti membaca atau tadarus Al-Qur’an. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu akan berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf” (HR. Bukhari).Keutamaan yang disebutkan di hadis tersebut menurut Ali ibn Abi Thalib dikhususkan bagi mereka yang membacanya selain dari salat meskipun tidak dalam keadaan suci.

Keutamaan orang yang membaca ayat Al-Qur’an dalam salat dan dilakukan saat berdiri, pahala yang diterima adalah 100 kebaikan. Sementara itu, ketika membaca ayat Al-Qur’an saat posisi duduk dalam salat, maka balasan yang akan diterima yaitu sebesar 50 kebaikan. Kemudian, membaca ayat Al-Qur’an dalam keadaan di luar salat dalam keadaan suci akan mendapatkan balasan 25 kebaikan.

Adapun dalam HR. ad-Dailami telah dijelaskan tentang keutamaan membaca Al-Qur’an yang artinya: “Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Qur’an, maka di penghujung Khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya” (HR. ad-Dailami). Tidak hanya mendapatkan pahala yang dilipatgandakan. Masih banyak keutamaan lain jika kita membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan seperti berikut ini:

1. Meningkatkan Keimanan

Seseorang dapat meningkat dengan rutin membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Quran jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka semakin jiwa kita tersadarkan keajaiban Al-Quran melalui keindahan bahasa dan muatannya.

2. Menerima Derajat yang Tinggi dari Allah SWT Allah SWT

Mencintai hamba-hambanya yang gemar membaca dan menghafal Al-Qur’an, apalagi bisa mengamalkannya setiap saat. Mereka akan ditemani oleh malaikat Allah dan akan diberi rahmat kebaikan. “Orang-orang yang hebat dalam membaca Al-Qur’an akan selalu ditemani para malaikat pencatat yang paling dimuliakan dan taat pada Allah SWT dan orang tua yang terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an lalu tetap bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala” (HR. Bukhari).

3. Menenangkan Hati

Hal ini terjadi karena membaca Al-Qur’an akan selalu mengingatkan kepada Allah SWT. Sesuai firman Allah SWT di surat Ar-Ra’d ayat 8 yang artinya: “Orang-orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan tentram jika selalu ingat kepada Allah SWT, maka ingatlah karena hanya dengan mengingat Allah lah, hatimu akan menjadi tentram”.

4. Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

Akan diberikan syafaat di hari akhir atau kiamat nanti. Al-Qur’an akan membantu dan menemani setelah hidup berakhir. Selain itu, dengan kita dekat dengan Al’Qur’an maka kita akan mendapatkan kemuliaan. “Bacalah Al-Qur’an karena pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik bagi pembacanya” (HR. Muslim). Selain keutamaan yang telah disebutkan diatas, masih banyak keutamaan-keutamaan lain. Sungguh banyak nikmat yang dapat kita peroleh jika kita membaca Al-Qur’an terlebih di bulan Ramadan.

Namun, bukan berarti kita hanya membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan aja ya. Akan lebih baik jika kita membaca setiap hari. Teman-teman juga bisa memberikan sedekah Al-Qur’an melalui Dompet Dhuafa Yogyakarta.

Sedekah Al-Qur’an memberikan kesempatan kita mendapatkan keberkahan dari tiap huruf yang dibaca, dipelajari, dan diajarkan oleh Ustadz/Ustadzah pengajar Al-Qur’an. Yuk sempurnakan ibadah ramadan Sahabat dengan membaca Al-Qur’an dan Sedekah Al Qur’an untuk Jamaah Masjid, Majelis dan tahfidz binaan Dompet Dhuafa Yogyakarta

Jadi Orang Tua Asuh Untuk Penerima Manfaat Beasiswa Sahabat Bintang
Jadi Orang Tua Asuh Untuk Penerima Manfaat Beasiswa Sahabat Bintang

Program orang tua asuh Beasiswa Sahabat Bintang merupakan upaya dukungan kepada siswa dari keluarga tidak mampu atau rentan putus sekolah, berupa bantuan biaya pendidikan sehingga mereka dapat melanjutkan pendidikan formal.

Sedekah sekarang
Edit
Bayar Fidyah

Bagaimana Cara Membayar Fidyah?

Bagaimana Cara Membayar Fidyah? وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ “Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi

Selengkapnya..

Hubungi Kami

Office : Jl. HOS Cokroaminoto 146 Kav. 1 Tegalrejo Yogyakarta. Phone : 0274-5305450