KEUTAMAAN SEDEKAH SUBUH, KAMU WAJIB TAU!

KEUTAMAAN SEDEKAH SUBUH, KAMU WAJIB TAU!

Keutamaan Sedekah Subuh – Tahukah kamu bahwa sebanyak ribuan orang melakukan rutinitas untuk selalu bersedekah saat subuh setiap harinya, mereka melakukan hal tersebut karena telah mengetahui keutamaan bersedekah di waktu subuh. Jadi apa saja keutamaan bersedekah di waktu subuh? Mari kita simak penjelasan berikut ini!

Keutamaan Sedekah Subuh

keutamaan sedekah subuh

Bersedekah di waktu subuh itu istimewa karena pada saat subuh inilah para malaikat turun ke bumi, kemudian mereka seraya mendoakan orang yang bersedekah di waktu tersebut. Seperti halnya yang terdapat di HR. Bukhari & Muslim sebagai berikut, Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam bersabda :

“Setiap pagi, dua malaikat turun mendampingi seorang hamba. Yang satu mendoa: Wahai, Tuhan! Berikanlah ganti rugi bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya. Dan Malaikat yang satu lagi berkata: `Ya Allah, musnahkanlah harta orang-orang yang bakhil.” (HR Bukhori & Muslim).

Pada dasarnya, sedekah tidak terbatas atau terpatok pada waktu-waktu tertentu saja, karena pada hakikatnya kita dapat melakukan sedekah kapanpun dan dimanapun. Akan tetapi yang menjadikan sedekah subuh ini istimewa yaitu karena adanya malaikat yang turun ke bumi, seraya mendoakan orang-orang yang melakukan sedekah di waktu tersebut, sehingga menjadikan sedekah subuh ini istimewa. Memangnya siapa yang tidak ingin didoakan oleh malaikat? Semua orang sejatinya pasti menginginkan untuk didoakan oleh malaikat agar rezeki kita selalu lancar dan berkah.

Anjuran dari Allah SWT untuk bersedekah juga tercantum dalam surat Al-Baqarah ayat 261 yang artinya: “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.”

Rasulullah SAW juga telah menyampaikan akan banyaknya manfaat yang kita peroleh melalui sedekah yang kita lakukan, sebagaimana sabda beliau sebagai berikut: “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.” (HR Imam Baihaqi).

LALU KAPAN WAKTU SEDEKAH SUBUH ITU DILAKUKAN?

keutamaan sedekah subuh

Sedekah subuh yaitu sedekah yang dilakukan setelah waktu shalat subuh dengan rentang waktu sampai dengan sebelum matahari muncul. Tahukah sahabat? Ternyata pada saat jam 4 pagi sampai dengan jam 6 pagi itu merupakan waktu yang sangat ramai dengan orang orang yang melakukan sedekah subuh. Jadi, mari kita tanamkan kebiasaan untuk selalu rutin melakukan sedekah subuh setiap harinya.

Mari berlomba-lomba menuju kebaikan seperti perintah Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 148 yang artinya: “Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

LEWAT MANA SAJAKAH KITA DAPAT MELAKUKAN SEDEKAH SUBUH?

1. Sedekah secara online melalui Dompet Dhuafa

Kini dapat melakukan sedekah dengan cara yang sangat mudah. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan smartphone yang kita miliki. Bermodal satu kali klik, kita bisa melakukan sedekah subuh. Kemajuan teknologi semakin mempermudah kita, termasuk untuk mendekat kepada-Nya melalui sedekah subuh setiap harinya. Dompet Dhuafa memfasilitasi kita yang hendak melaksanakan sedekah subuh melalui link berikut donasi.dompetdhuafa.org/sedekahsubuh/ Jadi sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukan sedekah subuh setelah kita mengetahui keutamaan sedekah subuh ya sahabat? Pasti semua dari kita sangat ingin mendapat doa dari Malaikat bukan? Jadi, tunggu apa lagi? Ayo kita rutinkan sedekah subuh.

2. Melalui Kotak Amal di Masjid

Setelah melakukan sholat subuh berjamaah di masjid, kita juga dapat langsung menunaikan sedekah subuh kita, berapapun nominalnya dapat kita masukkan ke dalam kotak amal di masjid, maka niscaya Malaikat akan mendoakan untuk kebaikan kita semua. Lakukan sedekah subuh dengan ikhlas ya sahabat.

3. Berbagi Makanan saat Subuh

Selain uang, kita juga dapat membagikan makanan kepada tetangga ataupun kepada orang yang membutuhkan. Pada pagi hari biasanya orang sudah mulai merasakan lapar karena hendak mengawali aktifitas selama seharian penuh.

Maka dari itu sahabat, mari maksimalkan pada waktu ini untuk amalan kebaikan. Salah satunya yaitu sedekah.

SEDEKAH SUBUH DI SINI!

Sedekah subuh Dompet Dhuafa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!