Edit
Click here to add content.

Sembelih Kurban dengan Syari, DD Jogja Adakan Pelatihan Bersama Juleha

Sembelih Kurban dengan Syari, DD Jogja Adakan Pelatihan Bersama Juleha

Kulon Progo- Dompet Dhuafa melakukan Teknikal meeting bersama Mitra penyalur hewan kurban untuk siap sukseskan THK 2022 (4/7/2022). Tidak hanya itu, untuk menjamin kesahan hewan kurban dari shohibul. Dompet Dhuafa melakukan pelatihan penyembelihan hewan kurban kepada para mitra penyalur pada THK nanti. Hal ini bertujuan agar penyembelihan nantinya akan sesuai syariat dan dapat menyajikan hasil daging yang maksimal kepada para penerima manfaat.

Keseriusan dalam hal ini, Dompet Dhuafa Jogja menggandeng tim Juleha (Juru Sembelih Halal) Jogja. Juleha menghadirkan ustadz Luqman dengan memaparkan materi mengenai Fiqh Ibadah Qurban. Bapak H Djaka P. yang mengisi materi mengenai Penyembelihan Hewan Kurban. Selain itu juga menghadirkan bapak Himawan W. yang mengisi materi mengenai penanganan daging dan limbah kurban.

“Pastikan yang menyembelih hewan kurban merupakan orang yang berakal, beragama islam, dan memahami bagaimana menyembelih hewan kurban yang syari.” ujar ustadz Luqman saat itu.

Banyak kasus pada penyembelihan hewan kurban yang kurang mengenakan karena kurangnya memperhatikan dalam memilih jagal hewan kurban. Maka dari itu, pelatihan ini harapanya dapat menjadi warning untuk mitra penyelenggara kurban dalam memilih jagal yang nantinya menyembelih hewan kurban dari para shohibul dompet dhuafa. Penyembelihan sesuai syariat insyaAllah akan menghasilkan kualitas daging baik untuk dibagikan pada para penerima manfaat.

“Pastikan ketajaman pisau untuk menyembelih hewan kurban. Salah satu media untuk mengecek ketajaman pisau adalah kertas. Cek dari pangkal hingga ujung, jika terhenti berarti ada mata pisau yangbelum tajam, maka masih perlu untuk diasah.” Ujar Pak Djaka di sela memaparkan materi.

Tak hanya memperhatikan ketajaman pisau, namun juga memerlukan asisten jagal yang cakap dan memiliki konsentrasi yang tinggi.  Hal ini untuk meminimalisir hal yang tidak di inginkan terjadi saat prosesi penyembelihan.

Tak hanya itu Bapak Himawan juga menghimbau kepada para mitra penyalur hewan kuban shohibul dompet dhuafa untuk menjaga sterilitas daging yang telah di sembelih. Dalam proses pengkeletan daging sebelum dipotong dihimbau untuk digantung, bukan diletakan diatas terpal dan sebagainya. Karena itu akan mengembangbiakan bakteri berkali lipat lebih cepat.

InsyaAllah berkurban di Dompet Dhuafa tidak hanya menjamin kualitas hewan kurbanya, akan tetapi juga memastikan pemilihan jagal hewan kurbanya untuk  menjaga keabsahan kurban dan juga kualitas daging kurbanya untuk disalurkan pada penerima manfaat.

Kurban sekarang di kemanusiaan.org

kurban

 

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!