10 Keutamaan Sholat Dhuha Yang Tak Disangka-sangka

10 Keutamaan Sholat Dhuha Yang Tak Disangka-sangka

10 Keutamaan Sholat Dhuha – Setiap apa yang dianjurkan kepada umat Islam sesuai tuntunan dala Al-Qur’an dan Hadist semuanya tidak lain semata-mata untuk sebuah kebaikan. Mulai dari perintah shalat puasa hingga sedekah ketiganya tidak pernah lepas dari makna penting sebuah kehidupan di dunia dan akhirat. Baik dari segi aspek kesehatannya kebaikannya serta sosial. Begitu juga dengan anjuran untuk menunaikan shalat dhuha.

Nah, shalat dhuha sendiri merupakan shalat sunnah yang pelaksanaannya dilakukan pada rentang 20 menit setelah matahari terbit hingga seperempat siang diakhir waktunya. Untuk jumlah rakaat dari shalat sunnah dhuha sendiri minimal sebanyak 2 rakaat dan diperkenankan untuk lebih dari itu, sesuai kemampuan. Hal demikian sesuai dengan Hadis dari Muslim yang artinya seperti berikut ini:

“Kekasihku (Nabi Muhammad SAW) mewasiatkan kepadaku untuk berpuasa 3 hari dalam tiap bulan melakukan 2 rakaat shalat dhuha dan melakukan shalat witir sebelum tidur.” (Hadist Riwayat Bukhari no. 1981 dan Muslim no 721).

Lalu, apa sebenarnya keutamaan shalat dhuha sampai sangat dianjurkan untuk umat muslim laksanakan. Untuk menjawa pertanyaan tersebut berikut penjelasannya mengenai 10 keutamaan sholat Dhuha.

Baca juga: Kapan Sih Waktu Mulai dan Berakhirnya Sholat Dhuha? Yuk Baca

10 Keutamaan Sholat Dhuha

1 Dapat Dijadikan Sebagai Pengganti Sedekah

10 keutamaan sholat dhuha

Sedekah tidak hanya diartikan dengan sebuah materi yang diberikan ke orang lain. Tetapi sedekah juga harus diberikan kepada anggota tubuh sendiri. Nah salah satu caranya ialah dengan melaksanan amalan shalat dhuha dimana gerakan yang dilakukan kala menjalankan shalat dhuha sama saja seperti bersedekah untuk tiga ratus enam puluh persendian. Hal tersebut sesuai yang tertera pada hadist riwayat muslim yang artinya:

“Pada bagi hari diwajibkan bagi seluruh persendian diantara kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir juga adalah sedekah. Begitupun dengan amar ma’ruf (memerintahkan kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua dapat dicukupi atau diganti dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 rakaat” – Hadist Riwayat Muslim no. 1704.

Sungguh luar biasa bukan? Tanpa memerlukan effort berlebih hanya meluangkan waktu sebentar untuk melaksanakan shalat Dhuha saja sudah seperti sedekah sebanyak itu pada anggota tubuh sendiri.

Baca juga: Sedekah Dihari Jumat, Ini Keutamaan Yang Wajib Kamu Tahu!

2. Diberi Kecukupan Rezeki

10 keutamaan sholat dhuha

Manusia sering kali mengeluhkan semua akar permasalah pada ekonomi. Bahkan sekalipun pada orang yang kaya rasanya kecukupan akan rezeki selalu terasa kurang nikmatnya. Nah ternyata dengan melakukan amalan shalat Dhuha kecukupan rezeki salah satu yang akan dirasakan sebagaimana yang tertera pada hadist riwayat Daud, Tirmidz dan Ahmad yang artinya sebagai berikut:

“Allah SWT berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat shalat dhuha, karena dengan shalat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.”

Perlu diperhatikan makna cukup ini tidak hanya terbatas pada rezeki yang berlimpah namun juga dibalut dengan keberkahan. Dengan kata lain meski rezeki yang diterima tidak seberlimpah yang dibayangkan tetapi karena adanya keberkahan membuat apapun jadi terasa cukup. Nah justru kebalikan dengan ketidak berkahan sebuah rezeki, yang meski banyakpun akan selalu merasa kurang.

3. Waktu Yang Tepat Untuk Meminta Ampunan

10 keutamaan shalat dhuha

Keutamaan shalat Dhuha tidak hanya meliputi hal yang duniawi, akan tetapi juga rohanihiahnya. Dimana amalan shalat Dhuha dapat menggugurkan dosa sehingga pada saat itulah waktu yang pas untuk anda memohon ampunan dari Allah SWT. Bahkan sekalipun dosa yang dilakukan seperti buih yang ada di lautan tak terhitung banyaknya, maka bukan perkara sulit bagi Allah untuk mengampuni semua dosa yang telah dilakukan terutama saat anda tidak pernah putus asa akan Rahmatnya Yang Maha Luas.

Hal demikian juga sesuai dengan hadist riwayat Tirmidzi yang artinya: Rasullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan” – Hadist Riwayat Tirmidzi.

4. Pahala Shalat Dhuha Sama Seperti Haji dan Umrah

Seperti yang sudah diketahui secara umum bahwasanya tidak semua orang bisa melaksanakan ibadah haji dan umrah. Bukan karena tidak mau, namun tepatnya masih kurang mampu entah dari segi fisik hingga materi dan lain sebagainya. Padahal ibadah umrah dan haji adalah impian setiap umat muslim.

Namun anda tidak perlu merasa berkecil hati, sebab ternyata salah satu keutamaan shalat Dhuha bagi yang tekun mengerjakannya ialah pahalanya yang menyerupai pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Dengan begitu anda tidak perlu terlalu merasa mawas, dimana sambil terus berikhtiar agar bisa haji dan umrah. Tetapi disisi lain anda sudah mengumpulkan pahalanya terlebih dahulu melalui shalat Dhuha.

Hal ini juga seperti yang tertera pada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi no. 586 yang artinya seperti berikut:

“Barangsiapa yang melaksanakan shalat subuh berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at. Maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh. “Beliapun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna”. Hadisr Riwayat At-Tirmidzi no. 586, yang dinyatakan hasan oleh at-Tirmidzi dan Syaikh Al-Albani.

5. Dapat Mendatangkan Keuntungan

Terkadang mungkina terlintas dalam benak seorang muslim untuk dapat melakukan peperangan untuk membela agama sebagai bukti berjihad di jalan Allah SWT. Namun rasanya kondisi demikian sudah jarang terjadi di zaman modern seperti saat ini. Karena konflikpun sudah tidak separah dahulu. Lalu, pada akhirnya banyak yang bingung bagaimana agar tetap bisa mendapatkan pahala berjihad tersebut tanpa peperangan. Nah ternyata dengan melakukan shalat Dhuha anda sudah sama saja mendapatkan keuntungan yang dilakukan oleh para mujahid di medan peperangan.

6. Salah Satu Waktu Paling Ijabah Untuk Berdoa

Berdoa merupakan bentuk kepercayaan seorang muslim kepada Allah SWT, dengan begitu anda sama saja seperti masih mengharapkan sebuah harapan yang digantungkan kepada Sang Pencipta Allah SWT. Meski demikian terdapat beberapa momen dan waktu yang paling ijabah untuk dilakukan sehingga doa sangat mudah dikabulkan dibanding waktu lainnya.

Hal ini dikarenakan pada waktu Dhuha berlangsung malaikat kala itu sedang turun ke bumi untuk melihat alias menyaksikan kaum muslim shalat. Dimana hal tersebut juga telah termaktub di dalam Al-Quran seperti pada surat Al-Isra ayat 78.

Sehingga dengan begitu berdoa dikala sehabis shalat Dhuha maka sangat mungkin malaikat juga ikut mendoakannya supaya doa yang anda panjatkan dapat Allah SWT terima. Hal inilah yang membuat kemungkinan doamu akan terkabulkan dengan segera.

7. Terhindari Dari Hal Yang Buruk

Kebiasaan dalam menjalankan ibadah shalat Dhuha akan semakin menumbuhkan rasa keimanan yang meningkat kepada Allah SWT dengan begitu hati akan selalu merasa dekat dengan Sang Pencipta Allah SWT, seakan ada rasa percaya yang tinggi bahwa segala hal yang anda perbuat semuanya benar-benar Allah saksikan dan nilai. Dengan begitu anda akan menjaga perilaku agar Alla SWT tidak murka. Yang mana hal yang dihindari tersebut adalah keburukan, dengan begitu anda jadi dijauhkan oleh hal-hal yang buruk yang memang ditidak diharapkan.

8. Dapat Menyehatkan Tubuh

Selain memberikan manfaat bagi rohani, disatu sisi shalat dhuha juga dapat memberikan manfaat secara jasmani. Salah satunya bisa memperlancar peredaran darah, apalagi udara di pagi hari sangat amat bermanfaat bagi jantung serta pernafasan anda.

Ditambah pagi hari adalah waktu yang pas untuk anda menggerakan otot-otot yang memang masih kaku. Dengan begitu tubuhpun akan semakin fit yang berpengaruh pada kesehatan tulang dan sendi. Apalagi air wudhu sebelum melaksanakan ibadah shalat bisa membuat anda jadi awet muda.

9. Membuat Wajah Lebih Bercahaya

Tidak perlu menggelontorkan banyak biaya untuk berusaha mati-matian agar waja terlihat berseri nan glowing. Sebab melalui shalat benefit tersebut akan ikut terasa, namun ingat kembali lagi pada tujuan shalat ialah diperuntukkan untuk Allah SWT. Dimana wajah bersinar adalah sebagai bonusnya.

Hal tersebut dikarenakan adanya pelaksanaan wudhu sebelum shalat yang salah satu syaratnya ialah harus membasuh muka dengan air. Dengan rutin melakukannya lambat laun akan berpengaruh terhadap wajah anda yang akan semakin bersinar serta bersih. Sehingga kulit kusam maupun kotoran pada kulit wajah bisa teratasi dengan sendirinya.

Apalagi dengan shalat dhuha tingkat stress yang dirasa akan bisa berkurang, dimana seperti yang umum diketahui jika stress dapat memicu kemuraman wajah. Oleh sebab itu shalat dhuha lambat laun dapat membuat hati menjadi lebih tenang dan tidak mudah stress.

10. Diberikan Pintu Khusus di Surga

Pintu surge memiliki banyak bidang amalannya, salah satunya bagi yang rajin serta tekun dalam melaksanakan ibadah shalat dhuha. Hal demikian sesuai dengan sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Thabrani.

Demikian pembahasan mengenai 10 keutamaan sholat Dhuha yang semoga dapat memotivasi serta meningkatkan keimanan diri untuk selalu dekat kepada Allah SWT. Dimana untuk memulai sebuah konsistensi ibadah ialah dengan memaksakan diri terlebih dahulu. Sebab jika tidak dengan begitu rasa malas akan terus menggerogoti diri, sedangkan kita tidak pernah tau kapan ajal akan menjemput. Sehingga untuk menghindari rasa penyesalan, maka yakinkan diri untuk mau mengupgrade menjadi lebih baik lagi. Sebab kematian tidak dapat diundur ataupun dimajukan dan penyesalan selalu berakhir diakhir cerita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *