Golongan Kaum Dhuafa? Siapa Saja Yang Termasuk Kategori ini?

Golongan Kaum Dhuafa? Siapa Saja Yang Termasuk Kategori ini?

olongan Kaum Dhuafa – Jika membahas seputar ZISWAF seringkali kita mendengar istilah “Dhuafa”. Tapi apakah kita siapa saja yang termasuk dari golongan kaum dhuafa? Untuk membahas lebih lanjut, perlu kita ketahui terlebih dahulu pengertian dhuafa. Kata dhuafa merupakan bentuk jamak dari kata “dhaif” yang berarti lemah. Arti dari kata lemah ini berkaitan dengan aspek kehidupan dari segi tingkat kesejahteraan atau financial. Dengan demikian, dhuafa memiliki arti yang lebih luas yaitu orang-orang yang lemah pada aspek harta, fisik, maupun psikis sehingga tidak dapat mensejahterakan kehidupannya. Kaum dhuafa telah disebutkan dalam ayat-ayat al-Qur’an, Allah berfirman:

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah (dhi’afan) , yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka.”(QS An-Nisaa’: 9)

Walaupun kaum dhuafa dianggap sebagai kaum yang lemah, tetapi mereka memiliki kekuatan dan energi yang tidak dapat diukur oleh apapun yaitu do’a. Kaum dhuafa perlu kita perhatikan dengan memberdayakan mereka melalui harta yang kita miliki. Karena Islam sangat memperhatikan asas kemanusiaan sehingga segala yang menjadi kebahagiaan kaum dhuafa merupakan tanggung jawab dari orang-orang yang mampu untuk saling memberi. Agar tidak salah dalam memahami kaum dhuafa, berikut beberapa golongan yang termasuk dari kaum dhuafa.

Inilah Beberapa yang Masuk ke Golongan Kaum Dhuafa

golongan kaum dhuafa

1. Orang Miskin

Seperti yang telah diketahui, orang miskin selalu menjadi sorotan utama untuk kita beri perhatian dan bantuan. Mereka merupakan orang-orang yang memiliki keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan pokok hidupnya karena tidak memiliki penghasilan/harta dan tidak memiliki kemampuan dalam mencari harta tersebut.

Baca Juga: Orang yang Berhak Menerima Zakat, No 5 Sering Tak Disadari!

2. Anak Yatim

Seorang anak yang belum baligh dan orang tuanya (ayah) telah meninggal dunia dan berasal dari keluarga tidak mampu maka patut untuk diberi kasih sayang, tunjangan kehidupan, dan bimbingan. Memuliakan anak yatim merupakan salah satu tuntunan yang diajarkan dalam Islam. Bahkan Allah memberikan jaminan surga atas orang-orang mampu dalam menjaga anak yatim.

“Orang-orang yang memelihara anak yatim di antara umat muslimin, memberikan mereka makan dan minum, pasti Allah memasukkannya ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” (HR Tirmidzi dari Ibnu Abbas).

3. Hamba Sahaya

Hamba sahaya merupakan seorang budak yang hidup karena kezhaliman orang lain sehingga tidak memiliki kebebasan dalam menentukan jalan hidupnya. Pada zaman saat ini mungkin sudah jarang untuk ditemui karena adanya perlindungan dan peraturan dari Hak Asasi Manusia (HAM) yang diatur dalam UU.

4. Wanita Janda

Janda merupakan wanita yang suaminya telah meninggal dunia. Wanita janda yang termasuk dalam kaum dhuafa yaitu mereka yang sedang menghidupi anak-anaknya dan tidak memiliki penghasilan karena hilangnya penopang nafkah dalam kehidupannya sehingga hidup dalam kesengsaraan.

“Barang siapa yang menyisihkan harta untuk menghidupi para janda dan orang-orang miskin, maka pahalanya sama seperti berjuang di jalan Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Lansia

Orang lanjut usia sudah sepatutnya untuk menikmati hidup dan tidak lagi bekerja setelah lelah yang ia hadapi. Mayoritas ketika seorang telah lanjut usia maka akan mengalami penurunan kesehatan fisik, mental, dan kemampuan dalam etos kerja. Sudah sepantasnya kita memperlakukan mereka dengan memberi fasilitas untuk menunjang kehidupan masa tuanya.

6. Korban Bencana

Mereka yang terkena musibah bencana, baik karena faktor alamiah maupun non alamiah. Seperti halnya gempa bumi, tsunami, kebakaran, banjir, longsor dan lain-lain. Menjadi salah satu kategori yang masuk pada golonga ini. Korban bencana yang kehilangan tempat tinggal, harta benda, dan bahkan kehilangan nyawa keluarga lainnya sehingga membutuhkan support dari sesama untuk membangkitkan semangat mereka kembali.

7. Rakyat Yang Tertindas

Rakyat yang tertindas merupakan mereka yang hidup dalam tekanan karena adanya faktor penjajahan. Contohnya yaitu saudara kita yang berada di Palestina yang selalu hidup dalam tekanan dan rasa takut sehingga tidak dapat menikmati hidup yang sejahtera. Mereka membutuhkan pertolongan orang-orang yang mampu dan memiliki jiwa kepedulian yang tinggi untuk membantu sesama dari seluruh aspek yang dapat mengeluarkan mereka dari penjara yang mereka hadapi.

8. Orang Difabel

Difabel merupakan mereka yang memiliki keterbatasan khusus yang disebabkan oleh cacat fisik sehingga menghambat mereka dalam mencari penghasilan dan tidak dapat menunjang kehidupan sehari-harinya.

9. Pekerja Buruh

Buruh merupakan seseorang yang bekerja pada aktivitas yang berat dan memerlukan tenaga fisik dengan upah yang minim/sedikit sehingga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

10. Lemah Fisik

Orang yang termasuk dalam lemah fisik yaitu seseorang yang mengalami penyakit khusus dan berasal dari keluarga yang tidak mampu sehingga tidak memiliki kecukupan materi dalam upaya penyembuhan/pengobatannya karena adanya biaya yang cukup tinggi. Termasuk dari kaum golongan dhuafa karena memerlukan bantuan agar mereka dapat kembali sehat.

Itulah beberapa golongan yang termasuk dari kaum dhuafa, kita sebagai makhluk sosial sudah semestinya dapat mengulurkan tangan untuk membantu mereka dan memberdayakan hidupnya agar sejahtera. Sedekah yang kita berikan kepada kaum dhuafa akan sangat berarti bagi mereka dan memiliki keutumaan yang tinggi. Allah swt berfirman:

“Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrah-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqoroh: 261).

Demikianlah penjelasan mengenai golongan kaum dhuafa, Semoga Bermanfaat.

Yuk Sahabat tebar kebaikanmu sekarang Juga!

Dukungan untuk Cianjur, HMJ UTY Serahkan Donasi ke DD Jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!