Keutamaan Sedekah, Nomer Dua Tidak Banyak Orang Tau

Keutamaan Sedekah, Nomer Dua Tidak Banyak Orang Tau

Islam memiliki 3 pilar utama dalam menuntun ummatnya untuk menjalin hubungan di muka bumi ini yaitu habluminallah, habluminannas, dan habluminal ‘alam. Ketiga pilar utama tersebut selalu saling melengkapi untuk menyempurnakan ibadah dan aktivitas manusia.

Habluminallah yang berkaitan dengan keimanan manusia terhadap keesaan Allah swt, maka tidak akan sempurna jika tidak didukung dengan adanya habluminannas dan habluminal ‘alam. Habluminannas yaitu hubungan manusia dengan manusia lainnya dapat berupa kasih sayang dan sikap saling membantu antar sesama, sedangkan habluminal ‘alam yang berhubungan dengan alam yaitu menjaga keseimbangan lingkungan sekitar.

Baca Juga: Tujuh Penghambat Rezeki Datang, Nomer 2 Sering Tak Disadari

Implementasi habluminannas selalu berhubungan dengan aktivitas sehari-hari manusia sebagai makhluk sosial. Allah swt berfirman:

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, Ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.” (QS. An-Nisa ayat 36)

Ayat tersebut memberikan makna bahwa adanya hubungan keterkaitan antara ibadah dan aktivitas sosial, sehingga itulah gambaran mu’min yang kaffah. Adapun salah satu ibadah yang mencangkup habluminallah dan habluminannas yaitu dengan bersedekah. Kenapa demikian?

Mungkin kata sedekah sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, bahkan orang tersenyum saja sudah dapat dikatakan bahwa ia telah bersedekah. Semudah itulah makna dari sebuah kata sedekah. Rasulullah saw berkata:

“Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah”.(HR. At-Tirmidzi). 

Sedekah merupakan salah satu tuntunan dalam ajaran Islam, ketika seseorang melakukannya maka akan terhitung sebagai pahala ibadah. Sedekah nyatanya dapat memberikan kontribusi dan manfaat yang besar bagi kehidupan orang lain. Banyak cara untuk dapat bersedekah, sehingga tidak ada kata “tidak bisa” untuk melakukannya. Kemudahan bersedekah nyatanya memiliki keutamaan yang sangat besar bagi kehidupanmu yang telah tercantum dalam Qur’an dan Hadist. Yuk, simak penjelasannya!

keutamaan sedekah

1. Pahala Dan Harta Yang Berlipat Ganda

“Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah”, itulah ungkapan dalam kehidupan yang memiliki makna kedermawanan. Mungkin seringkali, kita merasa bahwa penghasilan tidak cukup dalam menghidupi keluarga selama satu bulan penuh. Jika logika mengatakan demikian, namun kedahsyatan bersedekah menyatakan tidak demikian. Bersedekah bukan berarti akan mengurangi harta bendamu, justru sedekah akan mensucikan harta dan melancarkan rezeki. Rasulullah saw bersabda:  

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Bersedekah tidak akan membuatmu rugi, rezeki lancar pahala juga akan berlipat ganda, bahkan jika seseorang bersedekah jariyah ia akan memperoleh pahala yang terus mengalir sekalipun telah meninggal dunia. Allah swt berfirman:

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki  maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18). 

Baca juga: Keutamaan Sedekah Subuh, Kamu Wajib Tau!

2. Penghapus Dosa

Setiap manusia tidak terlepas dari sebuah dosa, itulah hakikat penciptaan dari seorang manusia bahwa tidak ada kesempurnaan baginya. Dosa yang telah bertumpuk begitu banyak dapat hilang dengan satu kali amalan. Amalan tersebut ialah sedekah, sebagaimana Rasulullah saw bersabda:

Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“. (HR. At-Tirmidzi).

keutamaan sedekah

3. Dapat Memanjangkan Usia, Pencegah Kematian Buruk

Tidak ada yang tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak, salah satu keutamaan sedekah yang lainnya yaitu mampu membuat usia panjang. Kebaikan orang yang bersedekah akan terus terkenang walaupun raganya telah mati. Itulah mengapa sedekah dikatakan dapat memanjangkan usia. Dengan sedekah, juga dapat mencegah keburukan yang terjadi ketika ajal telah tiba. Rasulullah saw, bersabda:

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.”(HR. Thabrani). 

Baca Juga: Keajaiban Bersedekah, Seorang Muslim Wajib Tahu!

4. Terhindar Panasnya Api Neraka

Jika sedekah saja mampu menghapus segala dosa, maka itulah yang membuat kebaikan dari sedekah juga dapat menghindarkan diri kita dari panasnya api neraka.

Rasulullah saw bersabda:

“Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma.”(Muttafaqun ‘alaih). 

5. Naungan di Hari Kiamat

Siklus perjalanan manusia sebagai ciptaan Sang Maha Kuasa ialah manusia akan berkumpul dan bangkit dari kuburnya hingga berkumpul di Padang Mahsyar. Banyak kisah yang menjelaskan mengenai peristiwa Padang Mahsyar ini, salah satunya adalah jarak matahari ke atas kepala manusia hanya berkisar satu jengkal. Sedekah dapat menyelamatkan manusia pada hari itu dari panasnya terik matahari dengan mendapatkan naungan. Rasulullah saw, bersabda:

 “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya“. (HR. Bukhari)

Itulah keutamaan-keutamaan sedekah yang begitu dahsyat manfaatnya. Tidak harus menunggu kaya terlebih dahulu untuk dapat bersedekah. Mulailah dari hal-hal yang mudah dalam bersedekah, seperti hadist Rasulullah saw:

“Kamu menyingkirkan batu, duri, dan tulang di tengah jalan. Itu adalah sedekah bagimu.” (HR. Bukhari)

Sedekah yang kamu lakukan hari ini, maka kebaikan akan terus menaungimu. Satu manusia dengan manusia lainnya tidak bisa saling menghakimi apakah dia akan ke surga atau bahkan terjerumus ke dalam api neraka. Tidak ada yang pernah tahu, amalan apa yang dapat menyelamatkan kita dari pedih dan panasnya api neraka. Maka berbuat baiklah terus menerus di muka bumi ini, sehingga apapun yang menjadi bagian dari kebaikanmu dapat menyelamatkan pada kehidupan selanjutnya yang lebih kekal dan abadi.

Baca Juga: Kunci Kesuksesan dan Keberkahan Hidup dengan Sedekah

YUK SEDEKAH SEKARANG!

Sedekah Jumat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!